3 Kesalahan FATAL yang Harus DIHINDARI untuk MENCAPAI SUKSES

Siapa sih yang nggak mau sukses? Semua orang pastinya mau dong sukses. Ada banyak sekali hal dan faktor yang bisa menentukan kesuksesan seseorang. Salah satunya bisa menentukan langkah yang baik sehingga tidak melakukan kesalahan yang fatal.
3 Kesalahan FATAL yang Harus DIHINDARI untuk MENCAPAI SUKSES
Bernard Marr seorang penulis buku bisnis laris dan ahli kinerja perusahaan global menyebutkan dalam observasinya bahwa orang sukses itu cenderung menghindari tiga kesalahan ini. Apa sajakah kesalahan yang dihindari oleh orang-orang sukses? 

1 Mengikuti Tren
Bernard mengungkapkan bahwa kita sering merasa bahwa kita harus terjun ke setiap perkembangan baru dan mencoba semua hal yang baru. "Terkadang kita menyebutnya sebagai 'shiny object syndrome'," paparnya. Mengikuti setiap hal baru yang ada justru malah menghambat kemampuan kita untuk memahami sesuatu yang jauh lebih penting dari dalam diri kita.
Daripada hanyut mengikuti setiap arus tren yang ada, akan lebih baik jika kita memfokuskan energi kita kepada hal-hal yang kita inginkan. Kita cukup fokus pada hal-hal yang sekiranya bisa membawa kesuksesan yang kita harapkan. Intinya adalah tak perlu terlalu bingung jika selalu ada tren baru yang muncul karena setiap orang pastinya punya jalur dan cara tersendiri untuk bisa sukses.

2 Menolak untuk Mengambil Tanggung Jawab
"Salah satu hal yang bisa Anda perhatikan dari orang-orang sukses adalah bahwa mereka tidak memiliki mental suka menyalahkan orang lain atau mengkambing hitamkan orang lain," ungkap Bernard. Ketika segalanya tidak berjalan sesuai rencana, orang yang sukses tak akan berkata, "Aku gagal karena si anu," atau, "Ini semua gara-gara si anu."
Orang yang sukses akan bertanggung jawab dan mengakui kesalahan yang ia perbuat. Kuncinya adalah bahwa mengakui kesalahan yang kita miliki, kita nantinya bisa belajar dari kesalahan itu. Hingga di masa yang akan datang, kita tak akan mengulangi atau melakukan kesalahan yang sama lagi.

3 Melakukan Segala Sesuatunya Sendiri
Seseorang bisa jadi sukses jika ia berbaur dengan orang-orang sukses. Tak ada manusia yang bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri. Seseorang itu bisa sukses ketika ia punya jejaring pertemanan yang luas dan memiliki banyak kenalan orang sukses.
Selain menghindari tiga kesalahan di atas, Bernard juga mengungkapkan bahwa untuk bisa benar-benar sukses, Anda harus bahagia. "Saat Anda sudah bisa membuat kebahagiaan dan keseimbangan hidup sebagai target, Anda pasti akan bisa sukses di berbagai aspek kehidupan Anda," imbuh Bernard.
Apakah Anda sudah siap untuk menjadi orang sukses yang berikutnya?


Sumber : businessinsider.co.id

Baca Juga: